Friday 18 November 2016

SANTO FILIPUS

St. Filipus seorang nelayan muda murid Yohanes Pemandi, yang berasal dari Betsaida, kota di mana Petrus dan Andreas juga tinggal di sana. Ketika ia sedang memisahkan ikan hasil tangkapannya, datanglah Yesus dan berkata : “Filipus, ikutlah Aku!” Filipus sangat bersuka cita dan membagikan suka citanya itu kepada Natanael sahabatnya yang kemudian juga menjadi pengikut Yesus yang setia.
Filipus tergolong para Rasul pertama. Ketika beberapa orang Yunani ingin bertemu Yesus, kepada Filipuslah mereka minta tolong. 
Pada perjamuan terakhir Filipus memohon kepada Yesus : “ Guru, tunjukkanlah Bapa kepada kami!” Yesus menjawab: “Telah sekian lama aku ada bersama-sama kamu Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barang siapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa.”
Sesudah kenaikan Yesus, diketahui bahwa Filipus mewartakan Injil di Frigia, sebuah kota tua di Asia Kecil. Klemens dari Aleksandria mengatakan bahwa Filipus menderita penganiayaan hebat dan disalibkan dengan kepala di bawah, sebagaimana dialami Petrus di Roma pada masa pemerintahan Kaisar Dominatius, dan dimakamkan di Hierapolis. Kemudian relikuinya dikirim ke Roma, sejak tahun 561 disemayankan di Basilik Rasul-Rasul. Polycrates, Uskup Efesus, dalam sebuah suratnya kepada Paus Viktor II (1055 s/d 1057), menyebutkan bahwa dua orang anak Filipus hidup di Hierapolis, sedangkan yang lainnya di Efesus. Papias, Uskup Hierapolis mengenal baik anak-anak Filipus. Dari mereka, ia mengetahui bahwa Filipus pernah menghidupkan kembali seorang anak lelaki yang telah meninggal. 
Arti nama Filipus adalah Penyayang Kuda. Lambangnya Tongkat dengan salib. Pestanya diperingati setiap tanggal 3 Mei.

No comments:

Post a Comment